BONE BROTH (KALDU TULANG)

Apa sih Bone Broth? Bone broth adalah kaldu dari tulang hewan yang dimasak selama minimal 12 jam sehingga kaldunya mengandung nutrisi terbaik bagi kesehatan seseorang. Setiap hari dikala diet sehat, Saya sekeluarga hampir selalu makan sup dari bone broth ayam organik. Alhamdulillah kami sehat selalu selama rutin mengkonsumsi bone broth ini. Untuk lebih lanjut mengenai apa itu bone broth yuk kita bahas.

Nutrisi apa yang ditawarkan oleh Bone Broth?

kalsium, fosfor, magnesium, dan potasium --> semua sudah dalam bentuk yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Juga kaya akan glisine and prolin, asam amino ini tidak terdapat pada daging otot yang biasa kita makan. juga terkandung kondroitin sulfat dan glukosamin, senyawa yang biasa ada pada suplemen untuk mengurangi radang (inflammation), arthritis, dan nyeri sendi (joint pain). Bone broth juga mengandung kolagen, sebuah protein yang ditemukan jaringan ikat pada hewan vertebrata, banyak terdapat pada tulang, sum-sum, tulang rawan, otot, dan ikatan sendi tulang (ligamen). (uraian dari kolagen pada Bone Broth disebut gelatin.)


Keuntungan apa yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi Bone Broth yang tepat?

Prolin dan glisine penting untuk kesehatan usus dan pencernaan (CATAT ya ini karena kesehatan berawal dari pencernaan ), pertumbuhan dan perbaikan otot, keseimbangan sistem syaraf, dan memperkuat sistem imun. Kenyataannya, sebuah studi mengenai chicken broth dilakukan oleh University of Nebraska Medical Center menemukan bahwa asam amino yang diproduksi ketika membuat chicken broth dapat mengurangi radang pada sistem pernapasan dan meningkatkan pencernaan (CATAT hehe). Selalu ada alasan mengapa ibu anda membuatkan chicken soup ketika anda flu :)
Gelatin dalam bone broth bisa menyembuhkan usus yang lemah (leaky gut), dimana keuntungan spesifiknya yaitu mencegah radang dan autoimmune disorders. Senyawa ini juga mengurangi nyeri sendi, radang, mencegah hilangnya tulang (bone loss), dan membuat kulit, rambut, dan kuku yang sehat.


Bolehkah membeli bone broth yang dijual di supermarket?

Nope (lagian di indonesia ga ada yg jual sih hehe). Broth (sering diberi label “stock”) dari supermarket dibuat dengan suhu tinggi, teknik fast-cooking, hasilnya non-gelling liquid (cair, no gelatin). Belum lagi ada tambahan MSG dan rasa buatan. Jika anda cuma perlu sedikit broth untuk sebuah resep, mungkin beli kaldu di supermarket masih boleh, tapi jika mengharapkan efek penyembuhan dari sebuah Bone Broth, anda WAJIB membuatnya sendiri.


Jenis tulang apa saja yang bisa dipakai?

ayam, sapi, kalkun, kerbau, kambing. Variasikan jenis tulangnya—kalau mau banyak kolagen pastikan ada tulang rawan seperti kaki ayam. anda bisa mix dan match tulang—campur2 antara sapi dan ayam—tapi itu akan merubah rasanya. Kebanyakan orang (termasuk saya) hanya ingin satu jenis tulang saja untuk 1 batch Bone Broth.


Apakah saya wajib memakai tulang sapi yang hanya diberi makan rumput (grass-fed bone) atau hewan yang dibesarkan di padang rumput (pastured bone), atau tulang organik?

Ya. Hewan harus sehat untuk memaksimalkan kesehatanmu, dan hewan dari peternakan pabrik jauh dari sehat. Ayo berusaha berburu pastured chicken or 100% grass-fed beef bones dari daerahmu.


Resep Bone Broth?

Buanyak beredar resep Bone Broth di mbah google, temukan yang sesuai keinginanmu. Ini resep yang biasa kubuat untuk ayam :

Bahan :

2 buah ayam organik utuh (potong seperti biasa, minta penjual pasar potong2 bagiannya) atau tulang2 bekas makan atau tulang utuh. wortel organik 2 biji, bawang putih 4 biji geprek, 1 bawang bombay, cengkeh 2 sdt, star anis 3 biji, pala utuh 1 biji belah dua, air amidis yang banyak (lupa berapa liter, pokoknya sampai memenuhi panci besarku, kira2 5 cm dari permukaan), 1 buah jeruk nipis

Cara membuat :

1. siapkan air mentah yang berkualitas, yang TDS rendah, atau bisa juga air yang sudah difilter melalui RO (contohnya : cleo, axogy) dipanci.
2. masukkan semua bahan tadi ke air tsb. Beri perasan jeruk nipis.
3. nyalakan api kompor keciiiil sekecil2nya api. Tutup panci.
4. Jika yang dipakai ayam utuh diamkan dulu kira2 3 jam, lalu ambil dulu ayamnya pakai saringan, copot2in dagingnya dari tulangnya, masukkan daging tadi ke dalam tupperware, tulang kembali dimasukkan ke dalam panci untuk meneruskan proses pemasakan. Daging suwir2 tadi masukkan ke freezer, bisa untuk dibuat sop bersama bone broth/ soto/ nasgor dll. Tapi jika yg dipakai tulang2 ya tidak perlu dilakukan tahap ini ya.
5. lanjutkan proses pemasakan sampai 12 jam berikutnya Hal yang perlu diingat pastikan ketersediaan air didalam panci, bahaya air sedikit bisa gosong. Kalau mau menambahkan air, wajib air yang sudah panas (didihkan dulu dipanci terpisah) biar waktu pembuatan bone broth ga mulur2 lagi.
6. Setelah proses memasak selesai. matikan api, kalau sudah anget2 kuku, saring. Bone broth yang sudah disaring masukkan ke tupperware2 untuk sekali buat sop/ porsi sekali untuk diminum, simpan dalam freezer.


Haruskah dibuang lemak dari bone broth?

Terserah. Anda bisa bebas meminumnya langsung, tetapi jika ingin Bone Broth rendah lemak, ikuti instruksi berikut ini : Setelah selesai memasak, matikan api, dan saring. Taruh Bone Broth didalam kulkas biasa untuk beberapa jam, sampai ada lemak berkumpul diatasnya dan mengeras. Keruklah lemak tersebut dengan sendok dan buang lemaknya, dan Bone Broth siap untuk diminum/dibuat sop.


Hal-hal apa yang bisa saya tambahkan ke Bone Broth untuk menambah rasanya?

Berikut list sayur, herbs, dan spices yang bisa anda tambahkan. Silahkan mix and match dan kreasikan resepmu sendiri.

Bawang2an (bombay, merah)Bawang bakungWortelBawang putih
Seledri
Garam himalayan
Merica
bubuk cabe
Parsley
Daun salam
Rosemary
Daun timi (Thyme)
Sage
Jahe

hindari penggunaan brokoli, kol, Brussels sprouts, paprika hijau, collard greens, or mustard greens karena akan membuat rasa pahit.


Kenapa harus selalu pakai cuka apel atau jeruk nipis atau jeruk lemon?

Menambahkan asam akan membantu untuk menarik keluar mineral2 dari tulang.

Bone Broth homemade

Haruskah saya memanggang tulangnya terlebih dahulu?

Boleh dipanggang, boleh engga—pemanggangan akan memperkaya rasa dan warna ke hasil Bone Broth. Jika anda memilih untuk memanggang tulangnya maka yang harus dilakukan : Letakkan tulang tsb pada pan dimana oven disetting ke 350 derajat, dan panggang selama 1 jam sebelum melanjutkan ke resep bone broth anda.


Mengapa bone broth saya nampaknya jiggly (berjeli)?

Itu adalah gelatin—Ketika dingin, Bone Broth anda nampak seperti agar. Ga perlu kawatir—Ketika dipanaskan maka akan berbentuk cair kembali. Saya pernah coba untuk fish bone broth sepertinya tidak mengandung gelatin karena ketika saya masukin kulkas, keesokan paginya masih berbentuk cair. Beda dengan chicken bone broth, esok paginya benar2 padat, panci dibalikin aja ga tumpah loh.


Bone Brothku tidak jiggly! kenapa?

Artikel dari the Healthy Home Economist membuat 5 lists alasan kenapa broth tidak berbentuk gel, Tapi umumnya cuma ada 2 alasan. Pertama, anda mungkin tidak menggunakan cukup tulang atau mungkin anda menambahkan air terlalu banyak. Tulang dengan banyak tulang rawan akan menghasilkan gelatin lebih banyak. Alasan kedua, broth anda tidak dimasak lama. Wajib sekurang2nya 8 jam (untuk tulang unggas) atau 12 jam (sapi)—bahkan lebih lama. Kurang dari itu tidak akan menambah gelatin yang cukup pada Bone Broth. Rule yang harus diingat : Semakin besar tulang, maka semakin lama anda harus memasaknya.


Bisakan saya menggunakan kembali tulangnya setelah pembuatan bone broth selesai?

Tentu bisa—Paul Jaminet dari The Perfect Health Diet mengatakan bahwa anda bisa reuse tulang untuk membuat batch berikutnya sampai tulang terasa lembut. (Pastikan anda menggunakan fresh vegetables, herbs, dan spices setiap kali membuat bone broth).


Berapa waktu terlama anda bisa memasak Bone Broth?

Tulang ayam bisa sampai 24 jam, tulang sapi bisa sampai 48 jam.


Apa yang akan kulakukan pada Bone Broth?

Dapat diminum seperti halnya kopi dan teh. Faktanya, secangkir broth hangat bisa menjadi awal pagi yang sehat—tentu saja anda juga bisa menggunakannya untuk membuat masakan lainnya yang memerlukan broth seperti soto, sop, dll.


Berapa lama saya dapat menyimpan Bone Broth pada kulkas atau freezer?

Untuk kulkas biasa tidak boleh lebih dari 3-4 hari. Di freezer bisa sampai 1 tahun.


Bagaimana saya menyimpan Bone Broth?

Kalau saya, pakai tupperware dengan size untuk cukup membuat sup untuk 4 orang untuk 2 harian. Ada juga yang pakai ice cube. Bisa juga pakai gelas kaca (mason jar) tapi wajib tunggu dingin terlebih dahulu dan jangan isi sampai penuh sisakan spacenya karena gelas kaca bisa retak ketika dimasukkan ke dalam freezer.


Dimana saya bisa membeli ayam organik ?

Untuk ayam organik ini bisa juga beli di Facebook @henny zainal dan @rumah organik chicko bekasi , @wida sania. Untuk tulang sapi dan daging sapi organik bisa kontak Facebook @azizah dwi gandini. Website ayam organik chicko : www.chickoorganic.com . Silahkan kalau mau tahu agen2nya di kota apa saja langsung saja meluncur ke websitenya.

Supermarket yang jual ayam organik : carrefour, setiabudi supermarket (bandung), riau junction (bandung).
Ayam organik di Carrefour

Malas masak, dimana saya bisa membeli Bone Broth organik ?

Silahkan langsung kontak Facebook @Muthia Dwi Nurmala, tapi area pengiriman masih terbatas untuk area Jabodetabek dan Bandung saja.
Bone Broth organik kemasan


(sumber : http://whole9life.com/2013/12/whole9-bone-broth-faq/)

Comments

make up said…
Dear mb Angelin...skrg sudah ada chicken stock cair yg murni, tanpa tambahan bahan kimia apapun (tanpa MSG, tanpa pengawet, tanpa perasa ayam) dan bersertifikat halal dr MUI. Merknya Fondia. Kemasannya aluminium standing pouch. Mulai juni 2016 ini sudah tersedia diseluruh cabang ranch market dan farmers market se jabodetabek😊
make up said…
Dear mb Angelin...skrg sudah ada chicken stock cair yg murni, tanpa tambahan bahan kimia apapun (tanpa MSG, tanpa pengawet, tanpa perasa ayam) dan bersertifikat halal dr MUI. Merknya Fondia. Kemasannya aluminium standing pouch. Mulai juni 2016 ini sudah tersedia diseluruh cabang ranch market dan farmers market se jabodetabek😊
Unknown said…
Terimakasin infonya. Tetapi chicken stock dan chicken broth berbeda. Kemungkinan kalau stock, tulangnya gak sampai hancur. Kalau broth tulangnya sampai hancur. Kemudian, apakah yg dipakai ayam kampung? Kupikir enggak kayaknya.jadi lebih sehat buat sendiri sebenernya.
Unknown said…
Hi mba..thx infonya..dimana yaa bisa beli grass fed beef bone nya? Saya cari2 di tokopedia ngga ada..
Anonymous said…
terima kasih resep broth nya, ada rekomend panci yang dipakai? apakah harus punya slowcooker atau bisa pakai kompor? terima kasih

Popular Posts